Perlunya mencari solusi masalah yang baik dan cerdas

Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki masalah, baik itu masalah kecil, besar, atau keduanya. Dan manusia selalu mencari atau bahkan sedang melakukan solusi dari masalah yang dimilikinya.

kunci solusi

Seorang pejabat yang memiliki hutang kemudian melakukan korupsi maka itu adalah solusi. Seorang siswa yang menyontek karena kesulitan menjawab soal itu adalah solusi. Bisa dibilang solusi itu ada dua jenis, yaitu solusi yang baik dan solusi yang buruk.

Solusi suatu masalah yang baik akan menyelesaikan masalah dengan baik juga. Solusi yang baik juga dapat menjadi pelajaran untuk menghindari dan mencegah suatu masalah. Sedangkan solusi yang buruk bisa dikatakan dapat menyelesaikan masalah juga, namun itu hanya sementara karena hal tersebut hanya akan menimbulkan masalah yang baru.

Korupsi memang bisa melunasi hutang, tapi risiko tertangkap dan menjadi narapidana bisa menjadi masalah yang lebih besar. Menyontek memang bisa menyelesaikan Ujian, namun untuk hari kedepannya belum tentu karena bisa saja situasi tidak mendukung untuk menyontek.

Jadi cari dan gunakanlah solusi yang cerdas untuk menyelesaikan semua masalah, bukan dengan solusi yang malah menimbulkan masalah. Karena di dalam hidup yang namanya masalah itu tidak akan selesai, namun akan terus datang dengan berbagai jenis dan variasinya.

Dimaklumi kalau terkadang ternyata solusi yang buruklah yang memiliki efektifitas lebih tinggi dibanding cara yang benar. Artinya hampir semua orang tahu bagaimana menyikapi suatu masalah, hanya saja secara mental sudah tidak mampu untuk menahannya lagi.

Oleh karena itu di dalam mengambil solusi harus menggunakan sudut pandang agama. Sesuatu yang dilandasi dengan keimanan bahwa Allah SWT akan lebih memberikan pengaruh positif yaitu berupa kepercayaan bahwa yang dilakukannya adalah benar dan terbaik.

Post a Comment

Previous Post Next Post